Hidup Tanpa Komputer Mungkin Bisa, Tanpa Internet?


Hidup di tengah tengah generasi milenial mengharuskan saya untuk mensejajarkan langkah dengan kawan kawan lainnya. Sebagai seseorang yang menggeluti dunia blogging penguasaan teknologi informasi sederhana menjadi sebuah keharusan. Paling tidak seorang blogger harus tahu lah bagaimana itu membuat blog, editing template, editing gambar dan video, seluk beluk sosial media dan banyak hal lainnya.

Saat kemudian muncul pertanyaan bagaimana kehidupan saya setelah mengenal blog. Beberapa waktu lalu sempat vakum tapi kemudian memantapkan diri menulis di blog kembali. Apakah berbeda? Apakah menulis di blog membawa dampak pada kehidupan saya? Secara psikologis iya. Karena pada dasarnya bagi saya dan mungkin juga dipercaya oleh banyak orang lain, menulis merupakan media terapi dan baik bagi kesehatan terutama mentally. Untuk artikel artikel pendukung pernyataan ini bisa googling sendiri yah.

Apakah mungkin saya hidup tanpa menulis? Tidak. Bahkan jika tidak menulis di blog pun beberapa bulan terakhir saya menggunakan media yang lebih konvensional untuk menulis.

Apakah mungkin saya hidup tanpa komputer? Mungkin saja, karena saat sekarang ini keberadaan komputer mungkin sedikit demi sedikit telah tergantikan dengan smartphone. Untuk menulis, seperti yang saya tulis sebelumnya, saya juga bisa menuliskannya di buku catatan atau aplikasi di smartphone saya yang tentunya lebih privasi.

Namun, ada satu hal yang jika itu tidak akan membuat saya gelisah (lebay ah). Internet. Tanpa komputer, kita masih menggunakan smartphone untuk menulis blog. Tapi tanpa internet? Hingga saya menulis catatan ini saya masih belum bisa membayangkan kehidupan saya tanpa internet sekarang ini. Mungkin rasanya seperti kembali ke peradaban lama yang semua informasi hanya bisa diakses melalui televisi, radio, koran, dan buku.

Apa mungkin saya bisa hidup tanpa internet? Sepertinya sih tidak akan bisa. Tapi jika ingin ada sedikit tantangan sehari atau berapa hari tanpa internet, sepertinya layak dicoba. Tapi sungguh, saya tidak yakin bisa menaklukan tantangan itu.

Gambar diambil dari sini




#Day5
=========================================

July 28
Life after blogs
Your life without a computer: what does it look like?

365 DAYS OF WRITING PROMPTS
A prompt to fire your imagination, each and every day
for a year

The Editors, WordPress.com

No comments:

Post a Comment