Ini Cara Terhindar dari Infeksi Saluran Kemih ala Anita D’Caritas


Kalau saja saya membaca tulisan mbak Anita Carolina di blognya Anita D’Caritas lebih awal mungkin saya bisa mengantisipasi agar tidak terdiagnosis infeksi saluran kemih beberapa waktu lalu. Yup, secara detail mbak Anita, yang memiliki pengalaman sebagai tenaga kesehatan ini, menjelaskan tentang infeksi saluran kemih yang sering dialami oleh kaum perempuan.

Dalam tulisan PerempuanHati-hati dengan Infeksi Saluran Kemih menuliskan hal-hal yang mengindikasikan kita terkena infeksi saluran kemih, antara lain seperti saat buang air kecir terasa nyeri dan yang keluar hanya sedikit (anyang-anyangan), atau ada rasa mengganjal di area kandung kemih. Menurut mbak Anita, jika kita mengalami gejala seperti itu besar kemungkinan kita mengalami infeksi saluran kemih. Tentunya perlu pemeriksaan dokter lebih lanjut.

Dalam tulisannya, Ibu seorang anak ini menjelaskan asal muasal adanya infeksi ini berasal dari bakteri E. Coli yang berada di saluran sistem perkemihan. Jika dibiarkan, bakteri ini akan masuk sampai ke ginjal. Untuk tahu apakah bakteri dalam urin kita berada di ukuran normal atau abnormal harus melalui tes urin di laboratorium. Menurut mbak Anita, perempuan lebih rawan terkena penyakit ini karena saluran kemih pada perempuan lebih pendek daripada laki-laki.

Mbak Anita membagikan tipsnya nih agar kita terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih. Tipsnya antara lain :
  • Kita harus menjaga agar kondisi daerah kelamin kita tidak basah dan lembab
  • Pastikan membasuh dengan air mengalir atau air bersih setelah buang air kecil
  • Setelah membasuh dengan air, pastikan di lap hingga kering setelah buang air kecil
  • Banyak minum air putih
  • Mengganti pakaian minimal 2 kali dalam sehari

Beneran deh saya nyesel banget tahunya tentang ini semua terlambat. Hingga kemarin hasil lab memperlihatkan jumlah bakteri dalam urin saya jauh di atas angka normal. Sakit perut bagian bawah ini membawa saya harus menginap di rumah sakit selama seminggu. Dan dari sinilah terkuak penyakit-penyakit lainnya. Jangan sampai baru mengobati setelah parah. Di luar itu semua, tugas kita untuk merawat kesehatan. Merawat tubuh yang sudah dikaruniai Allah SWT.

Benar kata mbak Anita, kalau kita sehat, kerja pasti juga akan tenang.

Semoga bermanfaat.
Neng Nunung


Comments

  1. Anyang-anyangan memang ndak enak banget ya mba, thanks untuk sharingnya. Wanita memang harus extra menjaga kebersihan diri, terutama seputar organ intim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huum... karena wanita paling rawan terkena infeksi saluran kencing ini ternyata.

      Delete
  2. Terimakasih tulisannya Mba :)
    Benar, Mba, kalau kita sehat, aktivitas pun lancar. Maka perlu untuk mengetahui gejala gejala yang muncul diawal agar bisa ditangani lebih cepat. Semoga kita sehat selalu ya Mba...

    ReplyDelete
  3. wah aku pernah kena infeksi saluran kemih mba, gak enak banget rasanya, huhuhuu

    ReplyDelete
  4. mamah ku sudah pernah kena sekali mbak, kasian dia kesakitan dan lemes banget, alhamdulillah cepet terdeteksi jadi ceper tertangani

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya awalnya ga tahu kalau infeksi. ke rumah sakit karena perut bagian bawah sakit... ternyata...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manisan Pedas ala Pak Tomo ini Bikin Kangen ke Kayoon Surabaya

Di Surabaya, Winona, Wiwien, dan Wike Jadi Buruan & Laris Terjual

Memeluk Hujan