5 Tips Liburan ke Bali ala Koper


Eits siapa yang kemarin long weekend liburannya ke luar kota atau luar negeri bahkan? Ayo ngacung. Banyak pastinya yah. Ada yang punya destinasi ke Bali? Yup, Bali memang menjadi salah satu destinasi utama saat musim liburan tiba. Bali menjadi magnet wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Jangan heran jika di musim liburan tiba, Bali menjadi penuh dengan wisatawan.

Saya sudah beberapa kali ke Bali, mulai dari cara ransel alias backpackeran, cara koper alias liburan dengan cara yang lebih nyaman (xixixi), juga cara semi koper alias ikut tour rombongan. Sekarang mau kasih tips singkat versi saya kalau teman-teman mau liburan ke Bali ala koper. Check this out yah.

Wajib Tentukan Budget Liburan
Sudah lah ini yang paling penting ya, kalau kamu ingin liburan ala koper. Make sure habis liburan gak langsung malah stres karena semua tabungan dan persediaan uang ludes yah. Budget ini juga penting untuk menentukan destinasi dan fasilitas apa yang nantinya mau kita pakai selama liburan. Idealnya sih kalau mau liburan, apalagi dengan cara koper, budgetingnya udah kudu dipikir dari jauh hari. Mengantisipasi saat mendekati hari H, keinginan kita semakin liar bertambah.

Untuk berapa budget yang kudu disiapkan, kembali ke kemampuan masing-masing yah. Jangan sampai niatnya kita mau menghilangkan stres, kembali dari liburan makin stres lihat billing kartu kredit atau saldo di rekening. So, nantinya hasrat liburan ala koper yang menggebu kudu disesuaikan dengan isi saldo yah.    

Buat Itinerary yang Detail
Nah tips kedua ini bisa dilakukan setelah tahu budget liburan di awal yah. Kita sudah tahu nih mulai deh bikin perencanaan. “Ok, duit gue segini, gue ntar mau ke sini ke sini ke sini. Nginep di sini. Naik pesawat ini. Gue mau liburan sekian hari. Bla bla bla...” Itu semua yang ada di pikiran kita harus diejawantahkan (set dah bahasanya) ke dalam sebuah perencanaan ya. Syukur-syukur bisa tertulis.
Itinerary itu seperti apa? Bisa cek di bawah ini ya.

Sumber Gambar : https://asambackpacker01.wordpress.com/category/bali/
Apa harus membuat itinerary sedetail itu? Kalau saya sih iya. Tapi itinerary ini gak saklek atau paten sih. Kalau dalam perjalanan kita mau skip ini itu dan menambahkan destinasi tambahan sih boleh aja. Tapi kalau detail sampai ke biaya dan durasi jamnya sih menurut saya penting. Ini juga bisa jadi gambaran, nantinya kita bakal keluar budget berapa. Dan apakah dengan budget senilai itu kita bisa benar-benar menikmati liburan kita. Mengunjungi destinasi yang kita impikan. Menginap di tempat yang kita idamkan. Kurang lebihnya begitu. Masuk step selanjutnya yah.    

Riset Hotel dan Pesawat Jauh Hari
Noted ya, kalaupun memang kita mau liburan ala koper, tapi urusan booking tiket dan pesawat itu harus jauh jauh hari sebelum keberangkatan. Bukan hanya untuk berburu harga lebih murah dan promo, tetapi ada yang maha penting dari itu. Kalau waktu liburan kita bertepatan dengan waktu liburan berjamaah, sudah bisa dipastikan tiket pesawat dan akomodasi di Bali jadi seuatu yang harus diperjuangkan. Gak pengen kan rencana liburan yang sudah disusun sebegitu detailnya berantakan hanya karena kehabisan tiket atau hotel yang sudah kita incar full booked?

So, riset tentang hotel dan ketersediaan tiket transportasi jauh jauh hari sebelumnya itu jadi hal penting yah. Cari tahu dulu kita mau naik pesawat apa, kelas bisnis, eksekutif, atau malah ekonomi. Terus cari tahu juga hotel yang nantinya mau kita datangi, viewnya seperti apa, lokasinya dengan destinasi wisata kita berapa jauh, kenyamanan fasilitas yang ditawarkan, dan lain-lain.
Kalau sekarang mah sudah gampang kalau mau booking hotel atau beli tiket pesawat. Sudah ada Traveloka yang bisa bantu banget untuk booking tiket dan hotel. Ada aplikasinya juga yang bisa mudah diakses dari smartphone. Jadi ga ada alasan yah untuk kehabisan tiket atau kamar full booked, riset jauh-jauh hari, dan booked saat itu juga.  

Treat Yourself Like a Queen
Karena ini adalah liburan ala koper, kenyamanan kita itu jadi poin penting. Hehehe, make sure that you (and people surrounds you) treat yourself like a queen. Ya kalau ga bisa seperti ratu, bisalah ala ala princess. Cari hotel yang viewnya juara. Selama liburan juga pastikan kamu mendapatkan pelayanan dan fasilitas terbaik.

Ibaratnya nih, kamu punya waktu 4 hari untuk bersenang-senang. Gunakan waktu sepanjang itu untuk memanjakan diri. Melakukan hal-hal yang membuat hati berbunga-bunga. Jalan-jalan ke tempat bagus. Foto selfie di spot spot terbaik. Makan di restaurant atau tempat makan yang bisa mengenyangkan hati, mata, dan perut. Dan masih banyak hal lain. Intinya satu, manjakan diri.

Buat Liburanmu Jadi Pengalaman Tak Terlupakan
Kalau saya selalu bilang tentang liburan ala koper ini, berpikirlah bahwa kali ini liburan terakhirmu. Haish serem amat. Tapi ya gitu deh, di moment liburan ini kita harus menciptakan pengalaman-pengalaman tak terlupakan. Lupakan rutinitas yang melelahkan di keseharian kita, di Bali ini saatnya bersenang-senang dan menciptakan memori yang indah.

Misal, coba deh pilih spot wisata diving atau berjalan di bawah laut, bungee jumping, atau kegiatan lainnya. Pastikan yang belum pernah dicoba ya sebelumnya.

Itu dulu deh tips dari liburan ke Bali ala koper versi saya ya. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.      

Neng Nunung 

Comments

Popular posts from this blog

Manisan Pedas ala Pak Tomo ini Bikin Kangen ke Kayoon Surabaya

Di Surabaya, Winona, Wiwien, dan Wike Jadi Buruan & Laris Terjual

Memeluk Hujan