Yakin Masih Bosen nge-Blog Kalau Lakukan Cara Ini?



Pernah ga merasa jenuh nge-blog? Saya pernah, beberapa kali. Tapi sebenarnya bukan jenuh kali ya tapi saking capeknya sampai malas nulis. Seperti saat ini, pekerjaan kantor begitu menghujam, lapak online saya juga Alhamdulillah lagi rame-ramenya. Menulis blog itu seperti barang mewah bagi saya saat ini. Harus curi-curi waktu dan sempet-sempetin buat nulis. Di tengah lelah dan kantuk, postingan ini dibuat.

Kemudian saya berpikir, tujuan awal saya menulis blog itu untuk bersenang-senang. Saya menulis blog sejak 2009, dan sejak itu saya menjadikan menulis sebagai media rekreasi dan menumpahkan segala penat dan emosi yang terpendam. Makin ke sini, tujuan menulis blog pun berkembang. Dan jujur, saya semakin merasa bersenang-senang. Ada satu masa memang jenuh, lelah, atau apalah. Tapi, begitu ingat hal lain yang membuat saya kembali semangat menulis blog, hal-hal negatif itu semua hilang. Apa saja itu? Simak yuk.

Nulis Blog itu Penyeimbang Jiwa
Nge-Blog atau menulis itu bagi saya pribadi merupakan terapi jiwa. Terlebih di masa awal saya nge-blog yang isinya menggalau terus. Saat itu, saya memang tengah mendapat tantangan hidup yang luar biasa. Dan menurut seorang kawan, menulis adalah salah satu cara untuk membuat saya tetap “ada”.

Kalau saat ini, saya menulis blog masih bertujuan sebagai penyeimbang jiwa. Di tengah rutinitas pekerjaan yang saya lakukan setiap hari, menulis itu merupakan surga bagi saya. Sejenak penat akan terhilang. Melakukan satu hal yang paling kamu sukai, di tengah seharian melakukan hal yang “bukan kamu banget” itu begitu menghidupkan.

Eksistensi & Personal Branding
Entah yang lain, tapi bagi saya blogging juga sebagai wujud eksistensi dan personal branding saya. Saya bisa mengenalkan diri ke banyak orang melalui tulisan-tulisan saya. Mengenal banyak orang di komunitas blogger atau komunitas lain melalui tulisan.  

Sekarang ini saya bisa lebih mudah melakukan pendekatan ke orang lain dan selalu diakhiri “Kunjungi blog saya yah, nengnunung.com”.  

Tertantang hal Baru
Ini yang membuat saya betah nge-blog dan ini pula yang membuat saya selalu kangen nge-blog setelah beberapa lama vakum. Hal itu adalah tantangan.

Yup, setelah mendeklarasikan diri sebagai blogger, banyak hal baru yang harus saya pelajari. Tantangan demi tantangan baru muncul bergantian untuk dieksekusi. Misal, saya mulai tahu bagaimana itu coding meskipun secara sederhana. Saya mulai tahu, dalam sebuah postingan blog, efek visual itu penting untuk menarik pembaca. Dan banyak hal lainnya. Percayalah, semakin kita banyak tahu, semakin banyak yang harus kita pelajari.

Blogging Jadi Sumber Penghasilan?
Apa iya nge-blog bisa dapat penghasilan? Bisa iya bisa tidak bagi saya. Kalau dari awal memang berniat mengumpulkan pundi-pundi dari blogging, ya sudah berarti memang bisa. Tapi kalau idealismenya gak me-monetize blog ya gak masalah.

Kalau saya? Saya masih suka datang ke acara ini itu untuk membuka peluang. Saya juga masih menerima job review. Saya masih belajar bagaimana memanfaatkan blog untuk sumber penghasilan.  Kalau kamu?


Semoga bermanfaat   

11 comments:

  1. Ngeblog itu...dibawa asyik aja..nanti juga jadi asyik banget..hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii iya mbak Anita, kalau dibuat jadi beban malah ga nulis sama sekali

      Delete
  2. Banyak banget yang bisa dilakukan memang mbak ya untuk bikin semangat ngeblog. Mulai dari bangun branding sampe ke monetizing blognya. Hihihi... :D Makanya suka heran kalo ada blogger yang bilang bingung gak ada bahan postingan *sok banget *padahal sendirinya juga suka bingung sayahmah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya mah bukan bosan kendalanya, tapi management waktu buat nulis dan post blog ajah :D

      Delete
    2. Mba Nunung pernah ngerasain habis ide untuk nulis blog ga?

      Delete
    3. Kalau habis ide untuk nulis sampai saat ini gak. Cuma penyakit saya itu susah mulainya dari mana. Jadi untuk menulis kalimat pertama di paragraf pertama itu saya butuh waktu beberapa saat setelah ketemu ide. :)

      Delete
  3. Sepakat dengan point diatas
    saya biasanya seimbangakan nulis dengan baca
    salam sehat dan semangat mbak :)

    ReplyDelete
  4. Saya belum bosan ngeblog walau sudah 5 tahun lebih. Bagi saya ngeblog itu menyenangkan karena berbagai keuntungan yang saya dapat.
    Salam hangatdari Jombang

    ReplyDelete
  5. bener mbk... ngeblog bisa menambah wawasan kita :-)

    ReplyDelete