Berusaha Mendefinisikan Kado Terindah Untukmu


Memiliki lelaki yang bersama dan menemani di lebih dari satu dekade itu terkadang tidak menjamin kita benar-benar tahu apa yang diinginkannya. Saya pun begitu, saya hingga kini masih berusaha memahami suami saya tercinta. Ada yang pernah mengatakan pada saya, kehidupan rumah tangga itu layaknya rumah tumbuh. Harus siap kapanpun untuk terus berproses menjadi lebih baik.

Waktu kemarin suami saya ulang tahun, jujur saya bingung hendak memberikan kado apa. Saat iseng saya tanya “Ay, mau kado apa untuk tahun ini?” Dia hanya tersenyum dan berkata tak ingin apa-apa. Namun, sesekali saya memperhatikannya mengutak atik handphonennya yang memang sudah agak lemot. Beberapa kali saat kami jalan bersama dengan motor, ia juga mengeluhkan motor yang sudah mulai tidak layak jalan. Ada kalanya pula, saya memperhatikannya kebingungan saat pergi ke luar untuk acara santai karena jaketnya hanya jaket rider.

Lantas saya berpikir, apa kado yang pas untuk suami saya handphone, motor, atau jaket? Makin bingunglah saya. Kemudian percakapan itu pun hadir. Suatu hari, kami berdua, entah mulai dari mana, mulai berbicang hangat. Ia sempat mengucapkan kalimat yang membuat saya meleleh.

“Ayah gak mau apa-apa Bund, asal Bunda sehat, gak sakit-sakitan. Itu saja”

Kata-kata itu membuat saya tersadar, belakangan memang saya mulai sakit ini dan itu. Awalnya, saya tidak memandang serius. Saya juga berpikir kan ini badan saya, kalaupun sakit hanya saya saja yang merasakannya. Ternyata saya salah, ternyata saya lupa kalau saat ini ada Ia yang juga menerima amanah dari Papa untuk menjaga saya.

Wahai suamiku, apa cukup untukmu diriku yang sehat saja bisa menjadi hadiah untukmu. Kalau memang iya, betapa beruntungnya saya, bahkan saat harusnya kamu memikirkan apa yang kamu inginkan, kamu malah memikirkan kepentinganku. Jujur saya ragu saat itu hehehe... Saya sempat memancingnya dengan berbagai cara. Dan jawabannya malah membuat saya jadi nyess... Dia bilang kalau barang-barang yang lain itu dia bisa beli sendiri. Kalah telak lah saya. Ya iyalah, gaji dia jauh lebih tinggi dari pendapatan saya hahaha.

Jadi saat Kang Dani Rachmat membuat giveaway yang bertema “Kado yang Paling Pas untuk Cowok”, langsung muncul fragmen fragmen cerita di atas dalam ingatan saya. Saya, berdasarkan hasil investigasi saya ke Mas Suami, akhirnya memberikan improvisasi sedikit. Kado yang paling pas untuk laki-laki beristri adalah memiliki istri yang sehat dan bahagia. Mengapa demikian?

Karena kehidupan rumah tangga sesungguhnya adalah sebuah kerjasama tim. Memiliki partner tim yang sehat dan memancarkan aura positif yang penuh kebahagiaan akan memudahkan tim itu untuk menjalani tiap tantangan yang muncul. Istri merupakan nyawa bagi sebuah rumah tangga. Coba bayangkan jika pasangan kita sakit-sakitan, kita tentu terbebani secara psikologis. Belum lagi roda rumah tangga pasti tidak seimbang, karena ada salah satu pihak yang tidak bisa melangkah seiringan.

So, that’s way, sekarang saya mulai menjaga kesehatan. Bukan diet serampangan yah. Tapi sehat dengan menjaga asupan makanan, aktifitas fisik yang diperbanyak, olahraga, dan lain-lain. Bukan karena saya sok memperhatikan diri sendiri. Tapi karena saya ingin memberikan kado terindah untuk suami saya. Menyehatkan diri terlebih dulu sembari menjaga kesehatannya juga. Itu kado yang terindah untuk laki-laki yang menjadi Imam saya. 

Saya ingin memberikan diri saya yang sehat kepadanya agar kami bisa menua bersama. Agar saya tidak melihat wajahnya yang panik saat saya sedang sakit. 

Bagiamana dengan kado terindah menurutmu?

Semoga bermanfaat.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Giveaways yang diadakan oleh Kang Dani Rachmat. Informasi tentang lomba bisa didapatkaan di sini

Sesungguhnya tulisan ini harus terunggah tanggal 5 April maksimal. Karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan (alasan aja lu neng) saya baru bisa post hari ini. Niatnya ingin meramaikan Giveaway Kang Dani aja deh. :) 

2 comments:

  1. Aaaw... Mbak Nunung, makasih banyak ya postingannyyaa.... Saya sampaikan ke ibu jurinya Mbak linknya. :D
    Semoga njenengan sehat selalu yaaa.. Terimakasih banyaaakk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah selamat ulang tahun yaaa Kang Dani hehehe...

      Delete