Daun Binahong, Satu Daun Banyak Khasiat


Kali ini saya ingin cerita tentang perjalanan Papa saya untuk sembuh dari sakitnya. Beberapa tahun lalu, Papa saya mengalami stroke dan komplikasi penyakit lainnya. Serangan jantung, ada cairan di paru-paru, kolesterol tinggi, dan diabetes. Sempat dua kali dirawat di rumah sakit dengan indikasi penyakit yang sama.

Papa saya dulunya memang memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Beliau perokok aktif, sangat aktif bahkan. Selain itu, beliau juga suka mengonsumsi makanan yang “berat” seperti jeroan, otak sapi, kambing, durian, dll. Papa juga jarang sekali olahraga ditambah kesibukannya bekerja yang menguras waktu istirahatnya. Semua itu terakumulasi di masa tua beliau.

Papa ini orangnya agak susah kalau diajak berobat medis. Beliau lebih suka dengan pengobatan alternatif. Saat dua kali masuk rumah sakit, beliau juga inginnya segera keluar dari rumah sakit. Di rumah pun, Papa lebih suka mengikuti saran-saran pengobatan alternatif. Pengobatan di manapun dan mengonsumsi apapun pasti Papa coba. Hingga suatu hari, kami mendapat informasi tentang khasiat daun Binahong.

Salah seorang kenalan kami menyarankan Papa untuk mengonsumsi rebusan daun Binahong untuk mengobati diabet dan kolesterolnya yang tinggi. Kami pun saat itu langsung mencari tahu. Mama langsung ke taman TOGA yang ada di dekat Balai RW kampung saya. Ternyata khasiat daun Binahong ini sudah menjadi perbincangan hangat bahkan pengurus TOGA kampung kami pun mengetahuinya.

Ternyata dalam daun Binahong terkandung 3 zat utama, zat antioksidan, flavonoid, dan saponin. Ketiga zat tersebut berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, menurunkan kadar gula dalam darah, dan menurunkan kolesterol. Pas kan dengan indikasi penyakit Papa. Akhirnya kami pun berikhtiar untuk mengobati Papa dengan tanaman herbal tersebut.

Di luar tiga fungsi utama itu, ternyata daun Binahong juga memiliki banyak khasiat lainnya. Antara lain :
  •          Diabetes
  •          Sesak nafas
  •          Penyakit paru-paru
  •         Membantu pemulihan stamina dan penyembuhan luka
  •      Mencegah asam urat
  •      Mencegah stroke
  •      Menjaga sistem kekebalan tubuh
  •      Dll

Satu hal yang selalu kami tekankan dalam setiap pengobatan alternatif dengan tanaman herbal ini, yaitu harus sabar. Papa tidak bisa berharap sekali dua kali minum air rebusan daun Binahong lantas berharap sembuh. Bagaimanapun, tanaman herbal bukan seperti obat kimia yang bisa mengobati dengan seketika. Perlu ketelatenan dan konsisten mengonsumsi daun Binahong ini. Oh ya, sampai sekarang Papa masih mengonsumsi rebusan daun Binahong ini. Tapi tidak sebanyak dulu. Kondisi Papa alhamdulillah semakin sehat saat ini.

Cara Mengonsumsi daun Binahong :
  •          Ambil daun Binahong 5-10 lembar
  •          Rebus dengan 3 gelas air
  •      Diminum sehari sekali, setiap hari
  •     Jangan mengonsumsi rebusan daun Binahong sambil mengonsumsi makanan atau minuman berkafein
  •     Ibu hamil dan menyusui dilarang mengonsumsi rebusan daun Binahong

Yuk mulai menanam daun Binahong di pekarangan rumah kita. Karena daun ini memiliki banyak sekali khasiat. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan.


Semoga bermanfaat.  

Comments

  1. Ibu saya dulu juga rutin Mbak Nunung minum ramuan daun Binahong ini. Malah kalo gak salah kami sempet menanam sendiri. Memang kerasa khasiatnya.. :)
    Makasih info lengkapnya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas Danii... saya sempat nanam sendiri, tapi mungkin karena nanamnya di pot (karena keterbatasan lahan) jadi agak kurang bagus tumbuhnya...

      akhirnya saya balik memanfaatkan Taman Toga di RW heheheh

      Delete
  2. Ugh, masih penasaran banget sama rupa daun binahong ini. Ternyata manfaatnya banyak sekali ya. Harus ditanam nih buat konsumsi secara rutin agar terhindar dari penyakit ngeri-ngeri, terutama diabetes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli bibitnya trus tanam sendiri saja mas Eko... apalagi kalau rumahnya ada space buat bercocok tanam :)

      Delete
  3. Aku pake ini juga pasca penyembuhan luka operasiku mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbak Dwi juga merasakan khasiatnya...

      Delete
  4. Aku sering baanget denger nama daun binahong tapi gaak pernah tau wujud pohonnya. Iya bener. Ini bagus buat stroke konon

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayah saya stroke minum ini mbak Ade, tapi memang harus utun

      Delete
  5. Kayanya agak sulit didapat ya si daun binahong ini mba. Kayanya disekitar rumah saya ga ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Taman Toga kampung ga ada juga kah?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manisan Pedas ala Pak Tomo ini Bikin Kangen ke Kayoon Surabaya

Di Surabaya, Winona, Wiwien, dan Wike Jadi Buruan & Laris Terjual

Memeluk Hujan