Manisan Pedas ala Pak Tomo ini Bikin Kangen ke Kayoon Surabaya


Surabaya itu surganya kuliner pedas, itu menurut saya sih. Percaya ga? Percaya aja lah ya… Coba mari kita absen satu per satu, bebek goreng (ini sambelnya yang pedes), bebek mercon, nasi goreng Jancok, mie setan, ceker pedes, mie ndower, risol klenger, dll. Banyak banget, kalau ditulis semua mah bisa gak cukup satu postingan ini (iya maaf bener agak lebah).

Nah ada lagi satu cemilan yang saya sukaaa pake banget. Ciri cirinya, kecil, manis, asam, pedas, bikin keringatan pas makan, dan gak bisa berhenti. Apa itu?? Ini nih saya lihatin yaah




Yup, manisan mangga pedas. Sebenarnya jujur deh bingung saya kasih nama cemilan ini. Ini manisan mangga kering, tapi asem kan rasa mangganya, terus pedesnya itu yang bikin mulut ndower tapi gak berhenti ngunyah. Pak Tomo, yang jual gerobak manisan ini di Kayoon Surabaya, setiap ada yang tanya “pedas gak pak ini?” jawabannya selalu “Gak kok mbak, cuma lombok dua”. Dan semua orang yang mendapat jawaban itu, selalu tertawa.

Jelas tertawalah, lah mana mungkin cuma lombok dua lah wong remahan cabenya di mana-mana. Sekali saja manisan mangga ini masuk ke mulut, sshhh udah deh dijamin ini lidah ajeb ajeb. Tapi meskipun kepedasan, anehnya ga berhenti buat nyomot manisannya. Ini mengandung candu rupanya hehehehe…


Oh ya, Pak Tomo ini manisannya lengkap banget. Sayur ada buah ada, mulai dari mangga, salak, cerme, sawi, kedondong, dll. Lokasi tepatnya ada di depan Kantor Pajak Genteng Kali di jalan Kayoon Surabaya. Udah cuma di situ doang ada gerobak jualan manisan. Saya langganan udah lama banget, mulai jaman Pak Tomo masih pake gerobak dorong sampe sekarang pake motor gerobak. Rasanya tetap sama enaknya. Pelayanannya juga sama ramahnya.

Kalau pengen beli manisan Pak Tomo ini kudu stand by. Beliau datangnya siang, sore jam 5 udah tutup. Sangking ­nge-fansnya saya sama manisan buatan Pak Tomo, dulu pernah saya coba kulakan manisan ke Pak Tomo dan dijual antara teman-teman saja. Tahu lokasi rumahnya juga, ingat banget waktu itu hujan-hujan beliau ndak jualan, saya dan suami bela-belain ke rumahnya.

Kalau favorit saya manisan mangga pedas yang kering. Ini kalau disimpan di toples, trus di bawa ke kantor, pas siang-siang mata ngantuk, comot manisan ini satu aja deh. Langsung ON semuanya. Oh ya harganya terjangkau kok. Teman-teman bisa beli 1 ons, 250 gram, atau satu kg sekalian hehehe… Kalau pergi ke luar kota, manisan pedasnya Pak Tomo ini ngangenin banget. Coba deh kalau ke Surabaya datang ke jalan Kayoon dan cari gerobak manisannya pak Tomo ini di sebelah kiri jalan dari jalan Pemuda.

Semoga bermanfaat.
Neng Nunung   


13 comments:

  1. Itu kedoyanan saya juga mak :) Manisan yang sering dikasih kalau ada orang yang habis pulang kampung. Tapi, baru tau kalau itu manisan mangga justru pas udah gede, taunya waktu kecil itu ya cuma makan aja hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku pernah denger tentang manisan ini dari tanteku yang di sidoarjo. Sayangnya blm pernah ke sana langsung. Hehehe

    ReplyDelete
  3. waduh, saya nelen ludah liat foto manisannya *sluruuuppp

    http://petitecovered.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. mangga pedas..belum pernah nyobain... rasanya udah dilidah... pengen dikirim aja ke riau..he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe jauuuh :)
      next saya share ya cara bikinnya heheheh

      Delete
  5. Mbakk. Nanya alamatnya pak tomo dong mbak. Thanks

    ReplyDelete
  6. Mbak nunung boleh tanya no hp atau alamat rumahnya pak tomo ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Novi...

      Bisa japri saya di whatsapp 081515142651 yak

      Delete
    2. Hai mbak Novi...

      Bisa japri saya di whatsapp 081515142651 yak

      Delete
  7. jadi kepingin ngerasain ni manisan pedas ala pak tomo ini

    ReplyDelete