Blogger Memang Harus Bersenang-senang

Oleh-oleh Fun Blogging 7 Surabaya

Fun Blogging 7 Surabaya

Dari Masa Kegelapan hingga Pra Pencerahan
Perjalanan saya menjadi blogger dimulai tahun 2009, biasalah problematika anak muda (hahaha zaman kegalauan tingkat dewa). Di tahun itu hingga 2011, blog Perempuan Langit dihujani oleh kata kata yang mengiris hati. Semua isi hati yang sudah dipoles sana sini tumplek blek di blog Perempuan Langit. Ya, isinya hanya airmata, kegalauan, ratapan, dan sejenisnya. Sampai akhirnya saya mulai perlahan berhenti menulis di blog.

Masa-masa itu adalah masa kegelapan kalau bahasa saya. Jauh sebelum saya paham kalau blog itu bisa diisi hal hal berwarna dan menyenangkan. Jauh sebelum saya mengetahui kalau blog bisa jadi sumber kebahagiaan dan sumber pendapatan juga. Dan saat saya sudah tahu semua itu, saya merasa begitu bodoh membuang waktu begitu saja, tidak memanfaatkan blog dengan benar.

Saya mulai berkelana ke berbagai grup blogger di Facebook. Mencari tahu perkembangan blogger saat ini, sampai blogwalking ke blog teman-teman yang dibagi di grup. Sayang, saya masih terlalu malu untuk meninggalkan jejak komentar. Karena saat itu, saya menganggapa apalah saya ini, hanya blogger menyek menyek. Dibandingkan dengan postingan teman teman yang beragam, ada yang reportase jalan-jalan, lomba blogger, cerita menginap di hotel ini, dan review ini itu. Semua itu berhasil membuat saya ciut.

Jujur, salah satu orang yang membuat saya terlecut untuk kembali menulis di blog ada Teteh Langit Amaravati. Membaca tulisan-tulisan yang dibagi di beranda facebooknya, menelisik cerita kesehariannya, dan mengikuti kabar pencapaiannya di berbagai lomba blogging. Teh Langit seolah bicara pada saya, “Kamu yakin ga mau kaya saya?”.  Dari Teh Langit juga saya mendapat info tentang acara Fun Blogging 7 di Surabaya. Gak hanya dapat info, Teh Langit juga memberikan link email pendaftaran. Tanggal 20 September 2015, saya langsung mengirim email untuk mendaftar. Jarak antara pendaftaran hingga terselenggaranya acara, sebulanan lebih. Dan di masa tunggu itu, saya sama sekali tidak sabar. Karena Ia selalu bercerita bagaimana ia menjadi tercerahkan setelah bertemu Trio Blogger Perempuan Kece mbak Haya AliyaZaki, Mbak Shinta Ries, dan Mbak Ani Berta.

Dan Ternyata Saya Blogger Pemalu
Hari yang ditunggu tiba, pagi itu datang ke Intiland Tower 2nd Floor Suite 10B dengan semangat juang 2015. Sampai sana, pintu kantor Qwords, tempat terselenggaranya acara, masih ditutup. Keluar dari lift saya bertemu dengan dua orang blogger yang jauh jauh datang dari Lamongan dan Tuban. Dan ternyata masih banyak yang rela datang jauh jauh dari berbagai kota di Jawa Timur. Ada yang dari Bondowoso, Jombang, Malang, dll.

Saat pintu dibuka, melihat wajah mbak Haya, mbak Shinta, dan mbak Ani itu berasa mimpi ketemu seleb akhirnya kesampaian juga. Dan bayangan seleb yang berjarak pun rontok berguguran, Mbak Haya, Mbak Shinta, dan mbak Ani menyambut kami dengan sangat ramah dan hangat. Cipika Cipiki dan saling berkenalan nama. Sungguh Trio Blogger Kece ini melepas jubah seleb blognya hehehehe.  
Duduk lesehan di kantor QWords pun tidak mengurangi semangat kami untuk menyimak sharing ilmu dari mbak Haya, mbak Shinta, dan Mbak Ani. Workshop yang bertajuk Fun Blogging : Dari Hobi Menjadi Profesi ini, benar-benar membuat mata hati, pikiran, dan dompet saya tercerahkan. Ooh… Bisa banget ya blogger ini jadi profesi yang sangat menjanjikan.

Sharing ilmu dari Mbak Haya Aliya Zaki

Perjalanan dari pagi hingga sore hari itu saya diajak bergumul dengan berbagai ilmu. Mulai dari bagaimana menulis konten yang bagus dari materi mbak Haya Aliya Zaki Writing Great Content. Saya dan teman-teman diajak memahami bahwa mau apapun stempel blogger yang ditempel ke kita, konten yang bagus itu harga mati. Jangan hanya tampilan aja yang gonjreng tapi tata bahasa, gaya penulisan, dan isi tulisannya juga harus enak dibaca.

Tips tips blogging dari mbak Shinta Ries
Mbak Shinta Ries memberikan materi yang lumayan rumit buat saya hehehe… Advancing Your Blog Platform. Mulai dari saya diajak mikir mau pake blog gratisan atau yang profesional. Hal-hal teknis yang lumayan buat semakin berpikir kalau blogger ini profesi yang serius ya.

Ini niih... ilmunya dari mbak Ani Berta mahaal 

Dan ini pamungkasnya. Materi dari mbak Ani Berta tentang How Monetize Your Blog Trough Branding. Materi ini yang paling mengguncang kesadaran saya hahaha… Saya mah gampang terguncang kalau urusan duit (blogger matre). Mbak Ani berbagi pengalamannya selama ini menjadi blogger dan bagaimana ia mendapatkan pendapatang yang bikin mata mengerjap dollar-dollar.
Sepanjang acara workshop saya ternyata menyadari satu hal. Saya masih menjadi blogger pemalu. Selain karena masih belum mengenal banyak teman-teman blogger, saya juga masih kurang narsis dan personal brandingnya masih belum “megang”. Bagaimana kita bisa “menjual” blog kita kalau kita sendiri belum eksis di social media dan dunia blogging. Jadi mari kita meng-eksiskan diri sebagai blogger.  

Saya Blogger, Kamu Blogger? Saatnya Kita Bersenang-Senang
Satu lagi oleh-oleh yang saya dapat dari acara Fun Blogging 7 yang selain disponsori oleh QWords ID, Mobil123, juga oleh SMARTFREN. Blogger itu harus bisa bersenang-senang. Gak berarti kita hanya menulis hal-hal yang “happy-happy” dan “hura-hura”. Tapi sebagai blogger kita harus merasa senang saat menulis di blog. Karena saat kita senang melakukan sesuatu dengan hati senang dan bahagia, tulisan kita juga bisa membuat orang lain yang membacanya juga bahagia. Kalau kita berhasil membuat pembaca tersentuh dengan tulisan kita, maka pesan dari tulisan akan mudah masuk kepada pembaca.

Mari bersenang-senang saat menulis Blog


Gampang banget kok kalau ingin membuat saya bahagia, seperti kemarin sambil menunggu acara Fun Blogging dimulai, saya masih bisa akses social media dan menulis untuk blog. Asal kuota internet modem Andromax M2Y aman mah dijamin saya pasti bahagia. Apalah artinya blogger dan pejuang militan social media tanpa kuota internet. Oh ya, sekalian mau curhat sedikit, di rumah saya plus sederatan gang rumah itu banyak provider yang gak bergerak dan gagal eksis. Dan Smartfren dengan jaringan 4G LTEnya adalah juaranya mah kalo di rumah saya. Koneksinya wuzzzz…  

So, Mari kita memberikan personal touch dan bersenang-senang di setiap tulisan kita di blog. 


25 comments:

  1. Sayang jadwalnya kemaren barengan ...
    Waktu registrasi ulang lagi sibuk² kemping ...
    Waktu pelaksanaan harus mbolank ...
    Ya belum rejeki ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheuheu... iyaah...
      sama seperti saya ndak rejeki ikut kemping...

      semoga bisa ketemu di acara lain pak Rinaldi :)

      Delete
  2. aku juga pemalu loh mbak Nunung.
    pemalu yang malu-maluin , hihihi

    baeklah marilah kita sekarang menyingsingkan lengan baju dan mengisi pulsa internet, go blogging go, go blogging go !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha iyaa mbak Heni... biasanya mah kalo pertama kali kenal ya malu malu gitu... tapi ntaran maahh urat malunya putus heheheh

      semangaaatt...

      Delete
  3. Senang bisa menyerap ilmu dan jumpa teman baru
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang jumpa dengan Pakde...

      Ilmunya dari pakde juga segeer... jadi semangat belajar WP :)

      Delete
  4. Merasa senang saat menulis blog, stujuuu. Karena writing is healing all the problem hihi curcoool

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu mbak Dwi...

      Self healing banget lah pokoknya kalo nulis mah... :)

      Delete
  5. Abis fun bloggin7 aku juga ikut bersemangat buat upgrade blog. Nambah ilmu, nambah teman. Jadi kangen kapan ada event serupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera bersua lagi ya mbak Ila...

      Pengen belajar make up ke mbak Ila heheheh

      Delete
  6. Haihaiiii mbaaak...
    Asyik yah, bisa ikutan Fun Blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak Nurul...

      Alhamdulillah dapat kesempatan nih... mbak Nurul udah ikutan?

      Delete
    2. Ya Allah maaf.. mbak Nurul peserta Fun Blogging 7 juga yak... jadi malu euy...

      Delete
  7. Ayo bersenang-senang, Mbak...
    Nge-BLOG itu have fun banget
    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ini lagi belajar biar tambah FUN bangeett

      Delete
  8. Semakin lama menulis di blog kita sebagai author yang merangkap segalanya memang jadi tau ya mana yang seharusnya ditulis, apa yang ditulis, dan cara menulis. Ngeblog memang menyenangkan banget. Nice to meet you, mbak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa bisa berasa tahu segalanya heheheh

      Delete
  9. Yuk, mari kita bersenang-senang.
    Ngeblog santai dan menebar hal-hal positif.
    Happy blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menebarkan hal positif, kebaikan, dan kebahagiaan hehehhe

      Delete
  10. Happy Blogging mbak Nurul :) Beneran menulis dan ngeBlog memang bikin Fun ya :)

    ReplyDelete
  11. Happy blogging and just for fun aja Mak
    jangan lupa pasttinn sinyal internet kenceng dan stabil hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha beneeer banget... sinyal dan kuota mah nyawanya blogger setelah listrik :D

      Delete
  12. Seru...saya masuk blogger pemalu juga...malu2in maksudnya haha..
    yang penting saat ini cuma penyaluran kecintaan nulis dan ingin sharing...
    sekaligus belajar...soal rejeki haiqul yakin semua sudah ada yg ngatur nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum... yang penting mah nulisss aja... :)

      Delete