PTN vs Sekolah Ikatan Dinas : Pilihan Berbuah Kebanggaan

Saat kamu lulus SMA pernah dibuat bingung, pilih Perguruan Tinggi Negeri atau Sekolah Ikatan Dinas? Di Indonesia banyak sekali PTN yang bisa dipilih, di setiap kota paling tidak ada 2 PTN. Sekolah Ikatan Dinas juga tidak sedikit di Indonesia, ini menunjukkan masing masing telah memiliki peminatnya sendiri.

Cerita yang sama dialami adik saya. Ketika galau memilih STAN atau Universitas Airlangga, akhirnya ia memilih untuk mengikuti kedua tesnya. Rencana Allah SWT sungguh luar biasa, saat adik saya diterima di Departemen Akuntasi Universitas Airlangga, keadaanya saat itu kami agak kesulitan jika harus membayar biaya kuliah yang cukup lumayan itu. Dan ditambah doa orang tua yang dari awal ingin adik saya masuk ke STAN, adik saya juga diterima di STAN.


Meskipun hanya D1, tapi saya tahu benar perjuangannya menjalankan studi perpajakan di STAN. Dan ketika ia dinyatakan lulus dengan IPK sangat memuaskan, saya tahu hasil tidak pernah mengingkari usaha dan doa. Ada doa papa mama juga di dalamnya.

Lantas apa istimewanya sekolah ikatan dinas semacam STAN ini? Di bawah ini saya coba menuliskan beberapa kelebihan sekolah ikatan dinas semacam STAN ini.
1. Biaya Kuliah Gratis
Di hampir semua sekolah ikatan dinas, para peserta didik dibebaskan dari biaya pendidikan. Bahkan dalam beberapa kasus, ia bisa mendapatkan pembebasan atau subsidi biaya hidup.

2. Pendidikan Terarah dan Aplikatif
Saat kamu memilih untuk menjadi bagian dari sekolah ikatan dinas harus menerima kenyataan bahwa pendidikan di sini lebih terarah dan aplikatif. Misal kamu terpilih masuk STAN, maka pendidikan yang didapat akan perpajakan, akuntansi, atau bea cukai.

3. Ikatan Dinas
Hampir semua sekolah ikatan dinas akan menawarkan penempatan kerja dengan ikatan dinas disesuaikan dengan bidangnya masing masing. Namun memang seleksi di sekolah ini akan jauh lebih sulit dan tingkat persaingan tinggi. Saat kita mampu mengalahkkan banyak calon  peserta terdaftar maka kebanggaan adalah sensasi yang luar biasa.

4. Status PNS di Kemudian Hari
Ini yang membuat sekolah ikatan dinas atau sekolah kedinasan banyak peminatnya. Banyak orang tua yang masih berharap anaknya bekerja sebagai PNS. Sekolah kedinasan adalah salah satu jalannya
Sekarang mau pilih mana, sekolah ikatan dinas atau PTN?

Salam
Neng Nunung

#30DWC #Day2

No comments:

Post a Comment